Halaman

Selasa, 04 Maret 2014

Ini Nih Penyebab Internet Kamu Jadi Lemot



Internet adalah salah satu hal yang dibutuhkan saat ini oleh banyak orang saat ini. Namun ada kalanya jaringan internet tiba-tiba menurun. Untuk itu, Anda perlu melakukan pengecheckan terlebih dahulu dan melakukan serangkaian hal simple untuk menanggulanginya.


Ada kalanya ketika sedang melakukan aktivitas di internet, koneksi yang awalnya cepat tiba-tiba melambat bahkan ada juga yang tidak dapat 'berjalan' sama sekali.

Memang ada serangkaian sebab kenapa akses internet menjadi lambat atau hilang sama sekali. Tentunya salah satunya adalah karena kuota internet telah habis.

Akan tetapi apabila kuotanya masih ada atau belum habis namun koneksi tetap 'berjalan terhuyung-huyung,' ada baiknya Anda melakukan beberapa tips menarik dan mudah berikut ini, seperti yang dihimpun oleh How Stuff Works.

Periksa konfigurasi dan kabel penghubungnya

pada umumnya, kabel ethernet yang digunakan di rumahan adalah cat5 atau cat5e. Namun apabila Anda menggunakan kabel yang salah, maka hal ini dapat menyebabkan koneksi melambat.

Selain itu, ketika koneksi lambat, Anda juga dapat memeriksa kondisi dari kabelnya. Apakah masih dalam keadaan baik, tidak terjepit atau sejenisnya.

Selain masalah kabel, Anda juga dapat memeriksa pada sistem konfigurasi internet di komputer. Periksa apakah ada kendala ataukah memang jaringan dari pusat yang bermasalah.


Periksa reciever luar
Apabila Anda pengguna jaringan internet langsung dari satelit maka pastinya dibutuhkan perangkat seperti reciever yang terletak di luar rumah untuk mendapatkan jaringan.

Untuk itu diperlukan pemeriksaan perangkat apabila tiba-tiba koneksi internet melambat. Terkadang penghambat koneksi tersebut disebabkan oleh ada obyek lain yang menghalangi integrate jaringan antar satelit dengan antena penangkap. Bisa jadi hal tersebut adalah ranting, salju, daun atau lainnya.

Apabila ternyata di piringan antena tidak terdapat apa-apa atau bersih, maka ada kemungkinan yang menyebabkan koneksi internet melambat adalah cuaca.

Apabila kendala disebabkan oleh cuaca, disarankan untuk tidak mengatasinya sendiri dan hubungi pihak penyedia layanan agar dapat mengatur ulang integrasinya.

Matikan modem, router dan adaptor powernya

Tentunya, bagi pengguna internet di rumah selain yang menggunakan modem USB, modem besar (berbasis kabel atau DSL) dari penyedia layanan lah yang biasa digunakan.

Disarankan untuk mematikan terlebih dahulu modem tersebut selama kurang lebih 30 detik ketika jaringan internet mulai melambat. Hal itu dilakukan agar panas yang terdapat di dalam box-nya sedikit hilang dan kinerja mesin juga lebih refresh lagi.

Apabila cara tersebut tidak berfungsi, memang ada cara lain yaitu mencoba mematikan seluruh perangkat termasuk PC atau laptop yang digunakan, setelah itu Anda dapat menghidupkannya lagi.


Sumber
http://www.merdeka.com/teknologi/internet-lemot-kenali-sebabnya-dan-atasi-dengan-cara-mudah-ini-tekno-tips.html